6 Cara Membuat Rumah Kontainer dengan Desain Bagus

Dulu, orang-orang banyak mengganggap sebuah kontainer adalah barang rongsokan. Siapa sangka, akhir-akhir ini kontainer bisa jadi sangat berguna. Salah satunya bisa dijadikan rumah dan hal ini banyak diburu orang sekarang. Anda bisa membuat rumah kontainer sendiri juga. Di Indonesia, rumah model ini sudah mulai menjamur dan banyak digunakan.

Alasan orang memilih rumah kontainer sebagai tempat tinggal adalah desainnya yang unik dan berbeda. Meski banyak yang berpendapat bahwa Indonesia bukanlah negara yang cocok untuk membangun sebuah rumah kontainer, makin menjamurnya rumah ini di Indonesia adalah sebuah pembantahan yang tegas. Lalu, bagaimana cara membuatnya?

  1. Tentukan Lokasi Bangunan

Tentu saja, hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membangun sebuah rumah adalah menentukan lokasi bangunannya. Sebelum melakukan proses pembangunan, carilah lahan yang cocok untuk rumah Anda. Pastikan di lahan tersebut rumah Anda bisa mendapatkan instalasi listrik dan air yang bagus.

  1. Temukan Kontainer yang Cocok

Setelah Anda bisa mendapatkan lokasi bangunan yang cocok dan memadai, selanjutnya Anda harus mencari kontainer yang cocok dengan selera Anda. Tidak semua kontainer cocok untuk digunakan sebagai rumah. Ada beberapa kriteria yang harus dimiliki sebuah kontainer untuk bisa dijadikan tempat tinggal.

Untuk mendapatkan kontainer yang bagus, Anda bisa mencoba membelinya melalui distributor terpercaya ataupun memesannya melalui jasa kontraktor kontainer. Jangan lupa, perhatikan ukuran kontainer yang Anda pilih. Ukurannya harus pas dengan lahan dan sesuai dengan kebutuhan Anda pula.

  1. Membangun Struktur

Langkah berikutnya yang dilakukan untuk membangun rumah kontaner adalah membangun struktur. Kontainer harus diletakkan di lahan dan tanah yang datar serta tidak berundak. Sebab, permukaan lahan sangat mempengaruhi keseimbangannya. Jika tanah tersebut belum rata, maka ratakan terlebih dulu. Ada baiknya buatlah pondasi dengan cor beton sebelumnya.

  1. Membuat Bukaan

Kontainer adalah barang yang terbuat dari bahan yang sangat mudah menyerap panas. Untuk itu, bukaan adalah bagian yang paling penting untuk membuat ini. Bukankah Anda memerlukan asupan udara segar dan cahaya matahari agar tetap bertahan hidup? Oleh sebab itu bukaan yang baik sangat berperan penting untuk hidup Anda.

Bila Anda tak bisa menentukan bagian kontainer sebelah mana yang akan dijadikan bukaan, sebaiknya berkonsultasilah dengan arsitek atau desain interior untuk menentukan posisi mana yang tepat. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan apa yang dibutuhkan.

  1. Membuat Ruang

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan dalam membangun rumah kontainer adalah membuat ruang. Ruang adalah salah satu penyusun dalam sebuah hunian yang baik. Jumlah ruang yang bisa Anda buat dalam kontainer ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda dapat menciptakan ruangan dengan memberikan sekat dari dinding gypsum.

  1. Periksa Ulang

Terakhir, periksalah ulang hasil proses yang sudah dilakukan. Ketika semua proses sudah selesai, bukan berarti rumah Anda bisa langsung digunakan. Anda harus memperhatikan kekuatan dari rumah tersebut. Misalnya saja untuk struktur. Apakah rumah itu stabil atau tidak. Apakah instalasinya sesuai atau tidak. Jika tak ada masalah, rumah tersebut bisa dihuni.

Rumah kontainer memang sedang booming beberapa waktu terakhir ini. Ini adalah alternatif hunian dengan desain minimalis yang cantik dan minim dana. Anda bisa membuat rumah kontainer sendiri dibanding membangun rumah dari bahan lain. Sebab, pembangunannya lebih cepat dan biayanya pun tidak setinggi membangun rumah dari bahan semen atau kayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *