Objek Wisata Yang Harus Masuk List Kamu Ketika Berkunjung Ke Malang

Malang memang sudah nggak sedingin dulu, tetapi kota ini masih tetap menyimpan pesonanya. Malang menawarkan berbagai keindahan khas yang belum tentu bisa kamu temui di kota-kota lain. Jauh sebelum Malang memamerkan keunikannya di film 5 CM, kota sejuk ini sudah jadi primadona wisata di Jawa Timur

Apa yang bisa disuguhkan Malang bagi para traveller? Berikut ini beberapa alasan yang membuat kamu perlu memasukkan Malang ke list travel kamu selanjutnya.

1. Malang merupakan rumah bagi pantai-pantai paling eksotis di Jawa timur

Pantai di Malang nggak cuma Balekambang, Sendangbiru, atau Segara Anakan dan Pulau Sempu-nya. Tersebar di kabupaten Malang masih banyak objek wisata pantai selatan yang tak kalah eksotis.

Sekarang ini hits di antara wisatawan mungkin Goa China dan Pantai Tiga Warna yang menampilkan keindahan pasir putih kecokelatan, pantai hijau, dan biru.

 

Tetapi masih banyak pantai di Malang yang wajib dijelajahi, misalnya saja Jonggring saloko, Lenggoksono, Sipelot, Licin, Kondang Merak, Clungup, Batu Bengkung, Bajul Mati, Banyu Anjlok, Ngantep, Modangan, Ngliyep, Sendiki, Watu Leter, Licin, Jembatan Panjang, dan Wediawu.

2. Kalau pantai terlalu gerah, air terjun di Malang juga cantik

Nggak suka main di pantai karena panas dan bikin kulit gosong? Nggak masalah, kamu tetap bisa menikmati keindahan alam dengan mengunjungi air terjun yang jadi harta karun Malang.

Kalau kamu sudah pernah mampir ke Coban Rondo dan berpetualang di taman labirinnya, sekarang waktunya menyaksikan keindahan Sumber Pitu, Coban Talun, atau Coban Pelangi.

Mau yang lebih anti-mainstream? Coba menyelam di sungai biru penuh tumbuhan hijau di Sumber Sirah, Gondanglegi, adu nyali di Wisata Paralayang Gunung Banyak, atau sekadar mampir di Omah Kayu yang unik ini.

3. Malang juga dikelilingi gunung-gunung dengan panorama menakjubkan

Malang dipagari 5 gunung yang membentang di 4 penjuru mata angin. Gunung Arjuno di sebelah utara, Gunung Semeru di sebelah timur, Gunung Kawi dan Panderman di sebelah barat, dan Gunung Kelud di sebelah Selatan.

Kamu bisa mencoba meresapi kemegahan alam di puncak Bromo, Arjuno, Welirang, atau Panderman. Mau mengikuti jejak Fedi Nuril dkk. di Semeru? Boleh-boleh saja. Tetapi tetap arif dengan ikut menjaga kelestarian alam di sana, ya.

4. Nggak sempat pergi jauh? Kunjungi museum-museum di Malang yang keren dan anti-mainstream

Nggak salah kalau Malang juga punya julukan kota pendidikan. Kota ini punya beragam jenis museum yang bisa membuat kita berwisata sambil belajar. Tentu saja yang namanya museum di sini tak melulu menampilkan artefak purbakala.

Kamu bisa bersantap sambil menyimak sejarah kota Malang di Inggil Museum Resto atau berfoto ria sambil belajar tentang otomotif di Museum Angkut. Ada juga Museum Kesehatan Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat di Lawang yang penuh dengan peralatan medis

5. Malang juga terkenal karena wisata nostalgia

Kota Malang juga terkenal karena wisata nostalgia. Sejumlah bangunan kuno zaman Belanda masih dipertahankan sebagai cagar budaya. Misalnya saja bangunan GPIB Immanuel yang sudah bertetangga dengan Masjid Agung Jami’ dan jadi lambang kerukunan umat beragama selama seabad lebih.

Ada juga Toko OEN yang masih jadi langganan oma-opa berkat interior jadulnya yang khas. Tiap bangunan ini biasanya dilengkapi papan bertuliskan keterangan sejarahnya.

6. Malang itu full tempat-tempat yang Instagram-able

Buat yang hobi eksis di Instagram dan jejaring sosial lainnya, jangan lupa ambil foto yang cantik di salah satu tempat Instagram-able Malang seperti Wisma Tumapel, taman bunga Selecta, Jalan Ijen yang dihiasi deretan palem, atau alun-alun kota.

Tentu saja Tugu yang jadi kebanggaan Malang juga wajib kamu sambangi.

7. Malang adalah surga kuliner tempat makanan murah dan enak

Mengunjungi sebuah kota tentu tak lengkap sebelum mencicipi makanannya. Karena itulah kalau ke Malang kamu wajib mencoba berbagai panganan yang ada di sini. Yang paling khas tentu saja bakso. Warga Malang punya selera tinggi kalau sudah bicara soal bakso. Bakso enak di kota lain pun belum tentu bisa memuaskan selera mereka. Pasalnya di kota ini ada beragam jenis bakso enak yang variatif. Coba Bakso Kota Cak Man yang legendaris, Bakso Bakar Pak Man, Bakso Sumsum Cak Hadi, Bakso Gun yang unik dengan penyajian ala steamboat, Bakso mercon di Bakso Cak Kar, atau Bakso President yang khas itu.

Coba juga berbagai kuliner jadul yang masih dicari seperti sate gebug di daerah Kayutangan, Ronde Titoni, STMJ Glintung, Pecel Kawi, Rawon Nguling, lumpia dan mie pangsit Hoklay, atau es krim gula jawa di Toko Oen.

Itulah beberapa alasan yang bikin kota Malang wajib kamu kunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *