Penanganan Tepat Untuk Anak Alergi Susu

Kasus anak alergi susu sapi tentunya harus dilakukan dengan serius. Apabila penanganan yang dilakukan oleh orang tua tidak pernah serius, maka kasus alergi ini akan memiliki dampak yang cukup serius untuk tubuh anak. Setidaknya akan menyebabkan kematian pada anak apabila tidak dilakukan penanganan dan pertolongan yang baik untuk meringankan gejala alergi yang dialami oleh anak.  Langkah pertolongan pertama untuk anak yang menderita alergi terhadap susu sapi tentu harus sangat serius. Apabila tidak segera dilakukan dengan serius, maka proses pertumbuhan anak tidak akan maksimal. Setidaknya dengan proses penanganan yang lebih tepat tentunya anak akan terhindar dari segala resiko yang sangat membahayakan kesehatan anak secara keseluruhan.

Beberapa penanganan yang atau pertolongan yang harus dilakukan orang tua yang memiliki anak alergi susu  sapi minimal adalah:

  • Amati reaksi anak terhadap alergi. Apabila seorang anak memiliki reaksi alergi yang terjadi setelah mengkonsumsi produk yang mengandung protein susu sapi, maka anda harus lihat seberapa parahkah reaksi tersebut dan juga durasi jarak antara konsumsi susu sapi dan waktu pertama reaksi alergi pada tubuh anak mulai muncul. Melakukan pengamatan terhadap durasi dan bagaimana reaksi tubuh anak pada kemunculan alergi, maka akan membuat orang tua benar-benar memahami bagaimana untuk melakukan pertolongan pertama pada anak yang menderita alergi pada susu sapi.
  • Langkah pertolongan berikutnya yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah memberikan susu dengan kandungan laktosa yang lebih rendah. Kandungan susu yang tidak memiliki kadar laktosa tinggi tentu saja akan membuat tubuh anak lebih siap untuk menghadapi alergen. Biasanya susu yang kadar laktosanya rendah atau tidak ada sama sekali terbuat dari gula yang terbuat dari jagung. Gula jagung  yang digunakan untuk memproduksi susu tersebut mengandung fruktosa yang jauh lebih aman untuk tubuh anak. Terutama bagi yang memiliki riwayat alergi terhadap susu. Pemberian susu kedelai juga bisa menjadi solusi atau pertolongan efektifnya.
  • Teliti membaca label makanan. Ketelitian ibu dalam membaca label yang terdapat di dalam makanan atau minuman yang diberikan pada anak menjadi salah satu langkah yang paling aman untuk menghindarkan anak dari berbagai reaksi alergi yang berbahaya untuk tubuh anak. Minimal dengan membaca anak anda akan terhindar dari makanan yang mengandung laktosa. Sebab ada kalanya makanan yang bukan terbuat dari susu namun masih memiliki kandungan laktosa yang terkadang lolos dari pengamatan orang tua. Jadi apabila anda akan memberikan makanan ringan pada anak, usahakan membaca seluruh kandungan yang terdapat di dalam makanan tersebut. Jangan sampai ada kandungan yang tidak terbaca sama sekali. Jika diperlukan bawakan anak bekal sekolah agar anak tidak sembarangan membeli jajan yang tidak diketahui dampak untuk tubuhnya.
  • Berikan makanan yang tinggi kalsium seperti tahu, brokoli, sawi hijau, tauge dan beberapa jenis makanan lainnya yang kaya kalsium. Sebab ketersediaan kalsium dalam makanan membuat anak bisa tumbuh dengan normal seperti kawan sebayanya yang sama sekali tidak memiliki kasus alergi. Setidaknya dengan memilih pemberian makanan yang kaya akan nutrisi penting seperti kalsium yang terdapat pada beberapa biji-bijian dan jenis olahannya tentu saja akan memberikan pertolongan untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak supaya tidak mudah keropos dan juga tidak mudah patah. Kepadatan tulang yang terjaga dengan baik tentu saja akan membuat tubuh anak bisa tumbuh dengan maksimal.

Pemberian nutrisi tambahan seperti suplemen kalsium untuk kasua anak alergi susu sapi memang bisa menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh orang tua yang tidak ingin  khawatir jika anaknya akan kekurangan kalsium ketika masa pertumbuhan. Masa pertumbuhan yang merupakan masa emas harus dimanfaatkan dengan baik oleh orang tua untuk memberikan nutrisi terbaik untuk anak. Suplemen tambahan yang diberikan dalam jumlah yang cukup tentu saja akan menolong tulang anak bisa tumbuh dengan baik dan sempurna. Tinggi badan anak juga akan lebih normal seperti kawan-kawan lainnya yang tidak alergi susu sapi.

Pertumbuhan yang sering dikhawatirkan pada anak alergi susu sapi memang menjadi kekhawatiran yang cukup beralasan. Sebab  kebanyakan anak membutuhkan kalsium dalam jumlah tertentu untuk membuat tubuhnya tumbuh tinggi seperti anak normal kebanyakan. Meskipun demikian, jika anak diberikan makanan dan juga terapi yang baik serta rajin berolah raga maka tinggi badan untuk anak yang mengalami kasus alergi pada susu sapi bisa teratasi dengan baik. Pertumbuhan tulang dan gigi menjadi normal. Paling penting anak masih bisa tetap aktif sepanjang hari meskipun tidak mengkonsumsi susu sapi karena pengaruh alergi yang dideritanya. Jadi meskipun saat ini anak-anak memiliki keluhan alergi pada protein susu sapi akan tetapi jika diberikan cukup nutrisi yang baik akan menolong anak dari keterbatasan fisik dan juga pertumbuhan otak yang cerdas seperti anak kebanyakan yang tidak alergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *